Rabu, 08 Januari 2020

Tips Berhemat ala Anak Kost

Buat kamu sobat-sobat yang ngekost, pasti dunk ngalamin kejadian dimana lama dapet kiriman dari ortu padahal uang bulanan udah hampir habis? Bingung kan gimana cara menghemat uangnya, sementara kebutuhan semakin mendesak. Dunia serba gak enak dan seperti sedang darurat militer. Untuk mengatasi hal tersebut kali ini kamibakal berbagi tips gimana caranya ngehemat uang ala anak kost supaya uang kalian masih ada (banyak) sampe tanggal kiriman dari ortu dateng.
1. Perketat anggaran
Hidup hemat itu udah jadi kewajiban yang fardhu banget hukumnya buat anak kost terutama buat kalian anak kost yang orangtuanya biasa aja bukan pejabat bukan pula petinggi sehingga kirimannya pas-pasan, nah untuk mengatasinya jadi kalian kudu cari solusi gimana uang tetep ada di kantong, tanggal muda its oke lah makan nasi, tapi kalo gak bisa hemat, bisa-bisa tanggal tua belom dateng kalian udah pada makan mie instan yang harganya 2000 perak *ups. Dan tau gak kenapa anak kost sulit banget berhemat? Salah satu sebabnya terlibat dalam gaya hidup yang boros.
Tau sendiri kan namanya ngekost kita jauh dari orangtua sehingga semua pendapatan kita yang atur, jika kita gak pintar memanage anggaran bisa-bisa kita kedodoran. So agar hidup berkecukupan cobalah untuk memiliki prinsip tidak terlibat dan ikut-ikutan gaya hidup boros terutama sama teman yang berada. Mereka boros karena memang mereka memiliki kiriman yang cukup sementara buat mahasiswa yang biasa memang di lepas ortu buat nuntut ilmu dengan dana yang terbatas

2. Malem minggu gak usah kemana-mana!
Hang out di malem minggu buat anak kost ternyata lebih banyak sisi negatifnya daripada sisi positifnya soalnya udah pasti ada aja alesan buat duit keluar dari dompet, padahal buat hal-hal yang kurang begitu penting sih. Kegiatan yang paling sesuai di malem minggu itu hanya diem di kamar, maen PS sambil nyamil mie instan remuk mentah, hahaha..
3. Perbanyak teman!
Silaturrahmi itu emang bener bisa ngundang banyak rejeki dateng, jadi banyakin ngoleksi temen biar rejekinya lancar, kalo sobat punya 200 orang, udah pasti ada 200 tanggal lahir berbeda yang di setiap tanggal lahir itu ada pesta makan-makan dalem rangka ngerayain ulang tahun, *hyaaa... enak kan? Kalo mereka dah hampir ulang tahun tuh, deket-deketin aja deh, modus apa kek gitu, ntar kasih kadonya juga yang murah-murah aja, contoh: sisir, sampo sachet, atau mie instan wkwkwk.
4. Cari tambahan uang jajan
Inilah cara berhemat ala anak kost yang dijalani orang ganteng cool dan pintar, mereka kreatif mencari tambahan uang jajan dengan berbagai cara baik secara offline maupun online. Namun perlu diingat tujuan kamu adalah untuk belajar jangan sampai pekerjaan membuat nilai kuliahmu berantakan apalagi sampai telat lulus, kasian orangtua. Jadi pintar-pintarlah nyari pekerjaan yang gak nguras waktu belajar kamu. Misal jadi programmer freelance, desain grafis, content writer atau dropshiper.
Sekian dulu deh tips dari kami, mohon maaf yah kalau ada beberapa tipsnya yang kurang berkenan namun beberapa tips lainnya manjur kok. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar