Rabu, 15 Januari 2020

Kopi dan daya ingat

Beberapa Langkah Mudah untuk Tingkatkan Daya Ingat


Baik dia berusia lanjut atau justru sebaliknya, masalah ingatan tidak bisa dipisahkan. Menjaga daya ingat sangatlah penting, terutama di usia muda. Tidak sulit untuk melakukannya, tapi harus dilakukan secara rutin.

  • Olahraga
Melatih raga sama dengan melatih pikiran, dengan berolahraga darah akan mengalir baik, dan ini menambah oksigen yang mengalir ke otak. Olahraga juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit diabetes dan gangguan jatung yang bisa kurangi kekuatan daya ingat.

  • Tidur Cukup
Istirahat juga penting selain bergerak. Untuk memastikan otak berada dalam keadaan baik setiap hari, tidur cukup sangat diperlukan. Usahakan tidur 7 sampai 9 jam tiap malam, supaya hasilnya maksimal.

  • Rutin Stimulasi Otak
Rutin menstimulasi kemampuan berpikir saat menjelang lanjut usia penting untuk mengurangi risiko demensia. Memiliki hubungan sosial, berinteraksi dengan orang lain, belajar kemampuan baru, bermain game yang menstimulasi otak seperti Sudoku bisa menjaga kesehatan otak.

  • Makanan Yang Sehat
Secara signifikan sejumlah makanan membantu mencegah hilangnya ingatan. Makan buah dan sayuran sebuah keharusan. Pada dasarnya makanan yang mengandung antioksidan akan membantu menjaga sel-sel otak. Selain itu, makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan salmon dan minyak zaitun baik untuk otak.

  • Gunakan Tangan Saat Menulis
Menulis dengan tangan akan memudahkan kita mengingat hal yang ditulis. Hal ini berdampak pada aliran darah yang penuh oksigen ke areal otak yang bertanggungjawab untuk ingatan dan melatih bagian itu. Cobalah menulis buku harian, mengirim e-mail untuk diri sendiri, menulis blog dan lainnya. Aktivitas tersebut meningkatkan kemampuan mengingat informasi.

  • Mendengarkan Musik
Sebuah riset menunjukan, tipe musik tertentu bermanfaat menjaga daya ingat. Informasi yang dipelajari saat mendengarkan lagu bisa kembali diingat dengan mendengarkan lagu itu kembali. Lagu dan musik juga bisa menjadi petunjuk bila mencari ingatan tertentu.

  • Tertawa
Pepatah pernah mengatakan tertawa adalah obat terbaik, bukan hanya berlaku untuk tubuh, melainkan juga dengan otak dan memori. Jika reaksi emosional hanya berkaitant dengan bagian tertentu dalam otak, tertawa berefek pada sejumlah areal di seluruh otak.

meningkatkan daya ingat



Hilangkan Kantuk Tanpa Kopi


Mungkin kamu termasuk orang yang tergantung pada secangkir kopi di pagi hari sebelum bisa mulai beraktivitas. Kamu juga harus tahu, kopi bukan satu-satunya alasan untuk menghilangkan kantuk, tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru yang bisa membantu kamu melek tanpa harus menenggak kafein.

  • Matahari

Studi Universitas Liege Belgia menemukan, sinar matahari memberi tahu otak kamu sudah waktunya untuk bangun dan memulai aktivitas di pagi hari. Mereka yang terekspos sinar matahari di pagi hari menjadi lebih waspada dan aktivitas otak pada bagian yang bertanggung jawab untuk proses kognitif meningkat.

  • Pijat Akupresur

Universitas Michigan Amerika Serikat dalam penelitiannya menemukan cara pijat akupresur mudah yang bisa mengurangi rasa letih. Lima relawan menstimulasi lima titik tekanan pada tubuh masing-masing selama tiga menit: di kepala, antara jempol dan jari telunjuk, di bawah tempurung lutut, telapak kaki bagian depan, dan pada tengkuk.

  • Air Dingin

Setelah bangun tidur dan kita merasa dehidrasi, maka minumlah segelas air dingin di pagi hari untuk meningkatkan kadar adrenalin kamu dan mengalahkan rasa kantuk. Lebih baik lagi, akhiri mandi pagi dengan air yang sangat dingin. Ini akan meningkatkan kewaspadaan Anda sepanjang hari.

  • Olahraga

Sirkulasi yang buruk setelah tidur semalaman, mengkibatkan darah mengalir secara tidak seimbang ke seluruh tubuh. Awali pagi hari dengan jalan pagi untuk menstimulasi endorfin dan memompa aliran darah. Meloncat-loncat dan gerakan cepat bisa membantu keseimbangan aliran darah serta mempercepat aliran arah ke otak dan jantung.

  • Sarapan

Sarapan pagi yang bergizi membantu meningkatkan metabolisme, memberi asupan energi dan meningkatkan konsentrasi, terlibih jika dilakukan setelah istirahat selama beberapa jam. Sebuah penelitian mengungkapkan, anak-anak yang mendapat makan pagi terbukti lebih berkonsentrasi dan berprestasi di sekolah dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar